Apakah Marc Marquez Penyebab Insiden Pada Lap Pertama GP Aragon ?

Grand Prix MotoGP seri Aragon menyisakan tanda tanya yang besar. Semua pandangan mata terfokus pada insiden di lap pertama, terlebih Marc Marquez Kembali ke track seusai istirahat pasca operasi beberapa bulan yang lalu.

Bukan tanpa sebab insiden lap pertama menjadi sorotan publik penggemar MotoGP, Insiden pertama yang diawali oleh sang juara dunia bertahan dan pemimpin kejuaraan Fabio Quartararo terjatuh akibat menabrak bagian belakang RC213V Marc marquez di tikungan 3 dan terjatuhnya Takaki nakagami akibat dari senggolan dengan Marc marquez.

Banyak asumsi dan spekulasi comebacknya Marquez justru menjadi penyebab kesialan bagi Fabio Quartararo dan pembalap lainnya. Namun tak harus sepenuhnya menyalahkan Marc Marquez, karena ada penyebab utama dibalik insiden di lap pertama. Apakah penyebab utama tersebut ? berikut merupakan sebuah analisis dari berbagai sumber :

1.      Insiden Marc dengan Fabio, terkait dengan insiden ini justru diawali dengan loss grip atau kehilangan grip ban belakang Marc Marquez, sehingga dirinya hampir highside namun sayangnya dekatnya jarak dengan pembalap tepat dibelakang Marc adalah Fabio sehingga Fabio tidak bisa mengelak dan akhirnya menabrak bagian belakang motor Marc Marquez Fabio pun jatuh tersungkur.

2.      Insiden Marc dengan Nakagami, Keterlibatan Marc pada Insiden lap pertama bukan sampai disitu saja, selang beberapa tikungan kemudian Nakagami bersenggolan dengan Marc sehingga Nakagami terjatuh di racing line. Namun apa penyebabnya? Jika kita melihat on board camera dari rider yg berada di belakang Marc atau kita dengan teliti melihat di layar TV, Nampak Aero Fairing milik Fabio menempel pada bagian belakang motor RC213V milik Marc sehingga menyebabkan Ride height device (Marc menyebutnya Holeshot) macet sehingga motornya klop belok terus ke kiri dan melamban sehingga tak bisa terhindarkan Nakagami bersenggolan dengan Marc. Padahal apabila kita melihat dengan seksama Marc sebetulnya melambat karena macetnya perangkat elektronik (Ride height) dan berusaha semaksimal mungkin untuk motor agar tidak belok ke kiri (Racing Line).

“saya kehilangan bagian belakang di tikungan 3 dan Fabio melakukan kontak. Ketika saya menggunakan perangkat holeshot pada lap tersebut, motor saya terkunci dan pindah ke kiri kara ada sepotong bagian dari motor Fabio di belakang. Ini tidak benar benar beruntung dan saya ingin meminta maaf kepada Taka dan Fabio.” Singkat penjelasan Marc Ketika diwawancarai oleh Simon crafar.

“saya tidak mengalami cedera serius. Saya memiliki bekas luka bakar di dada saya, dan selain itu saya cukup kecewa. Beberapa pengendara kehilangan grip belakang, sementara yang lain memotong sedikit garis balap, dan saya menabrak Marc, saya akan mencoba tidur terlentang beberapa hari kedepan, tapi saya akan berlomba di Jepang.” Kutip Fabio dari press Yamaha.

Dalam insiden ini tim stewards tidak menginvestigasi lebih lanjut dan menganggapnya sebagai racing incident begitu juga menurut Fabio. Dan insiden lap pertama murni bukan kesalahan Marc.

loading...
loading...

Comments